Menguak Cerita Mistis Rumah Pocong Sumi Berusia 160 Tahun di Jogja

Jakarta – Bila berkesempatan ke Jogja, mungkin detikers bakal mendengar cerita soal Rumah Pocong Sumi yang lokasinya berada di Gang Soka, RT 09/ RW 02, Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.
Dari luar, fisik bangunan ini tampak lusuh meski masih berdiri kokoh. Gerbang utamanya berwarna hijau kuning, sementara pagar dan fasad bangunannya didominasi kelir putih gading yang tampak mulai pudar di sana-sini.

Melihatnya sekilas saja kita akan langsung tahu kalau bangunan ini bukan dibangun di zaman ini. Benar saja, bangunan yang punya nama asli Omah Indische ini dibangun pada tahun 1860-an, atau usianya sudah lebih dari 160 tahun.

Lantas, sejak kapan bangunan lawas ini mulai mendapat julukan Rumah Pocong Sumi?

Menurut catatan detikJogja, Bangunan peninggalan zaman Belanda tersebut dulunya merupakan kediaman Menteri Agama (Menag) pertama Indonesia, Mohammad Rasjidi. Seiring waktu, rumah berarsitektur gaya Eropa ini dikenal masyarakat sebagai ‘rumah hantu’ yang menyeramkan.

Hal ini dilatarbelakangi oleh mitos kemunculan sosok Pocong Sumi yang kerap muncul untuk menakut-nakuti warga yang melintas di jalan depan rumah tersebut. Mitos ini semakin dikenal masyarakat usai stasiun televisi (TV) dan netizen membuat konten bertema mistis di rumah tersebut.

Penjaga Omah Indische, Nono menceritakan julukan Rumah Pocong Sumi yang melekat pada Omah Indische berawal dari salah satu stasiun TV swasta yang mengadakan tiga acara bertema mistis. Kru TV mengaku disambut oleh makhluk astral bernama Mbah Sumi yang cukup agresif.

“Belum dimulai pun, baru introducing, baru datang ke sini, yang namanya Mbah Sumi njemput (kru TV) duluan. Beliau (Mbah Sumi) yang paling agresif. Kemudian stasiun TV itu diam-diam menamakan seperti itu (Rumah Pocong Sumi),” jelas Nono kepada detikJogja, Senin (19/6/2023) lalu.

“Setelah itu, rumah ini dikasih Google Maps. Jadi setiap hari yang datang banyak banget buat bikin konten seperti itu,” lanjutnya.

Menurut Nono, ada seorang YouTuber yang menjelaskan siapa saja sosok makhluk astral di Rumah Pocong Sumi. Selain sosok Mbah Sumi, terdapat sosok Noni Belanda dan sosok-sosok lainnya yang menjadikan rumah tersebut sebagai basecamp.

Namun karena banyak kejadian tidak menyenangkan setelah kabar itu viral, Nono menjelaskan bahwa ia telah melarang dan tidak lagi menerima segala bentuk perekaman yang dilakukan oleh stasiun TV maupun pembuat konten.

Selain karena dianggap mengganggu oleh penunggu rumah itu, Nono juga kewalahan dalam menghadapi kru TV maupun konten kreator yang banyak di antaranya berperilaku merusak dan semena-mena. https://itusiapalagi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*