4 Industri Terbaik untuk Kerja di 2024 & Bocoran Gajinya

Jakarta, CNBC Indonesia – Ada banyak faktor yang dipertimbangkan seseorang ketika menerima tawaran pekerjaan. Selain gaji, ada pertimbangan lain seperti fleksibilitas, beban kerja, hingga waktu cuti yang diberikan perusahaan.

Melansir dari CNBC Make It, laporan bertajuk Monster’s 2024 Work Watch Report mengungkapkan bahwa sekitar sepertiga atau 29 persen orang menginginkan pekerjaan dengan jam kerja yang lebih fleksibel. Sementara itu, sekitar seperlima atau 22 persen orang ingin bekerja dengan fleksibel dan jarak jauh.

Tidak hanya itu, sebanyak 20 persen orang ingin bekerja di perusahaan yang memberikan banyak cuti berbayar. Sedangkan 21 persen sisanya menginginkan karier di perusahaan yang memberi lebih banyak tunjangan serta layanan kesehatan mental.

Saat ini, sejumlah perusahaan mengklaim bahwa mereka sudah memberikan hak yang baik dan benar kepada para karyawannya. Situs pencarian kerja, Glassdoor, baru saja merilis laporan “Tempat Kerja Terbaik”, termasuk “Daftar 100 Perusahaan Besar Terbaik” menurut ulasan karyawan kini dan sebelumnya.

Berdasarkan daftar tersebut, ada sejumlah industri yang menonjol sebagai tempat bekerja terbaik. Berikut empat industri terbaik untuk bekerja, termasuk bocoran pekerjaan dan jumlah gaji yang dibayarkan.

1. Teknologi

Menurut laporan Glassdoor, ada 31 perusahaan teknologi yang masuk dalam daftar perusahaan besar terbaik sehingga menjadikan industri ini sebagai yang terbaik untuk bekerja.

“Teknologi secara historis telah berinvestasi dalam pengalaman karyawan dan ini adalah pekerjaan yang umumnya memberikan gaji yang baik,” kata ekonom utama di Glassdoor, Daniel Zhao, dikutip Kamis (25/1/2024).

“Perusahaan teknologi memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang baik dan menawarkan kemampuan untuk mengerjakan produk menarik saat ini,” imbuhnya.

Meskipun tahun ini menjadi industri terbaik, popularitas industri teknologi sebenarnya cenderung menurun jika dibandingkan tahun lalu. Pada 2023, sebanyak 41 perusahaan teknologi muncul dalam daftar perusahaan besar terbaik.

Menurut Zhao, hal ini didorong oleh faktor pemutusan hubungan kerja (PHK) yang berlangsung secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

“Namun, profesi STEM masih memiliki permintaan yang tinggi dengan proyeksi pertumbuhan signifikan antara 2022 dan 2032,” kata Analis di WalletHub, Cassandra Happe.

Adapun, perusahaan teknologi yang masuk ke dalam daftar perusahaan besar terbaik adalah NVIDIA, Procore Technologies, hingga. VMWare

Dilaporkan, seorang insinyur fullstack senior di NVIDIA mampu memperoleh gaji sebesar US$144 ribu hingga US$224.250 atau sekitar Rp2,27 miliar hingga Rp3,5 miliar per tahun (asumsi kurs Rp15.827/US$).

2. Konsultan

Konsultan adalah profesi yang ahli dalam memberikan petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam suatu kegiatan atau perusahaan.

Menurut Glassdoor, ada 12 perusahaan konsultan yang masuk ke dalam daftar perusahaan besar terbaik, termasuk Bain & Company yang kini tersedia di 65 kota dari 40 negara, termasuk Jakarta, Indonesia.

Zhao mengungkapkan bahwa perusahaan-perusahaan di industri konsultan cenderung menawarkan peluang karir yang sangat bagus. Bahkan, industri konsultan adalah “batu loncatan” yang tepat bagi orang yang ingin memulai perjalanan karier.

Sejumlah perusahaan industri konsultan yang masuk ke dalam daftar perusahaan besar terbaik adalah McKinsey & Company, Booz Allen Hamilton, hingga Huron Consulting Group

Menurut data terbaru, Bain & Company saat ini berani menawarkan US$108.500 hingga US$127.500 atau sekitar Rp1,7 miliar hingga Rp2,01 miliar per tahun untuk posisi konsultan ahli.

3. Keuangan

Keuangan menjadi industri terbaik ketiga pada 2024 menurut Glassdoor. Sejumlah jenis perusahaan yang masuk ke dalam industri keuangan, seperti bank, perusahaan asuransi, hingga pemberi pinjaman hipotek.

Saat ini, ada 11 perusahaan keuangan yang masuk dalam daftar perusahaan besar terbaik versi Glassdoor, di antaranya Fidelity Investments, Mastercard, hingga Fannie Mae.

“Para karyawan di industri ini mendapat paket kompensasi yang besar, mulai dari gaji pokok, tunjangan, fasilitas, hingga peluang karier yang sangat bagus,” ungkap Zhao.

“Pekerjaan di industri ini juga cukup stabil dan aman,” lanjutnya.

Dilaporkan, seorang data science di Fidelity Investments mampu menghasilkan pendapatan sebesar US$85 ribu hingga US$179 ribu atau sekitar Rp1,34 miliar hingga Rp2,83 per tahun.

5. Retail

Retail menjadi industri terakhir yang masuk sebagai yang terbaik pada 2024. Glassdoor mencatat, ada 10 perusahaan ritel yang masuk ke dalam daftar perusahaan besar terbaik, seperti Trader Joe’s, Nike, hingga Lululemon.

Hasil temuan Glassdoor mungkin tergolong mengejutkan. Sebab, perusahaan ritel umumnya tidak memberikan gaji dan tunjangan yang besar, terutama bagi karyawan tingkat pemula.

“Menurut saya, perusahaan-perusahaan terkemuka di bidang ritel benar-benar unggul,” sebut Zhao.

“Salah satu komponen berharga yang dapat ditawarkan oleh perusahaan ritel adalah fleksibilitas, seperti membiarkan pekerja mengambil giliran kerja tertentu sehingga mereka dapat pulang atau menjemput anak-anak mereka dari sekolah,” lanjutnya menjelaskan.

Berdasarkan hasil temuan, spesialis komunitas di Lululemon mampu menghasilkan pendapatan sebesar US$20,50 hingga US$23,58 atau sekitar Rp324 ribu hingga Rp373 ribu per jam.

Zhao mengatakan, setiap individu wajib melakukan riset terhadap setiap perusahaan atau industri sebelum melamar pekerjaan. Selain itu, kemampuan komunikasi; manajemen proyek; dan kepemimpinan harus selalu dilatih agar mampu bersaing di industri yang dituju. https://juswortele.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*