Bogor Bakal Punya Tol Baru Nyambung Jakarta, Ini Rutenya

Jakarta, CNBC Indonesia РJalan tol di Jabodetabek bakal semakin tersambung dalam beberapa tahun ke depan, termasuk Bogor Outer Ring Road (BORR) merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) III. Saat ini pembangunan BORR sudah sampai seksi IIIA Simpang Yasmin РSimpang Semplak, pembebasan lahan untuk seksi selanjutnya pun terus berlanjut.

“Sebagian pembebasan lahan di tanah Sareal, saat ini BORR kan di darat lewat bawah, ada ratusan bidang yang memang sudah dipetakan dan pembayaran dilaksanakan di tahun ini sudah mulai, sampai batas Angke, selebihnya masuk area Kemang itu kabupaten,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim kepada CNBC Indonesia, Selasa (23/1/2024).

Selain tanah warga, ternyata ada lahan Pemkot yang juga terkena dampak dari BORR III ini, diantaranya wisma atlit yang akan digunakan Kota Bogor dalam penyelenggaraan Pekan olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat (Jabar) 2026.

“Kita ada beberapa lahan yang terkena lintasan akses, termasuk tempat yang kita mau bangun wisma atlit, kepotong 1,5 hektare ada 4 bidang,” imbuhnya.

Bogor- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kamis (7/6/2018) meresmikan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIB dari Kedung Badak ke Yasmin sepanjang ruas 2,65 kilometer. Menteri Basuki mengungkapkan, peresmian tol tersebut atas perintah Presiden Joko Widodo, yang pada saat yang bersamaan meresmikan terminal baru Bandara Ahmad Yani di Semarang. (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Meski demikian, pembebasan lahan terus dilakukan karena target pembangunannya bakal terus berjalan di awal tahun 2024 ini.

“Mereka sudah petakan dan sudah ada persiapan pembebasan, pembebasan di wilayah kota Bogor sebagian sudah dilaksanakan sekarang, tapi pembayaran dilakukan LMAN di bawah Kemenkeu baru projek ditangani Marga Sarana langsung,” sebut Dedie.

Karena proyek ini masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) jadi pengerjaan langsung dikerjakan oleh Marga Sarana Jabar. Sedangkan pembebasan lahan dilakukan LMAN berdasarkan permohonan dari penyelenggara jalan tol konstruksi. Tol ini pun akan terhubungan dengan tol Antasai-Bojonggede.

“Kalau pembebasan lahan beres ya konstruksi mungkin akhir tahun ini, dari Salabenda sampai Bomang (Bojong Gede – Kemang), pengadaan tanah untuk negara kan appraisal,” ujar Dedie.

Berikut rincian Tol BORR:

1. Seksi I Sentul – Kedung Halang, sepanjang 3,85 km
2. Seksi IIA Kedung Halang – Kedung Badak, sepanjang 1,95 km
3. Seksi IIB Kedung Badak – Simpang Yasmin, sepanjang 2,65 km
4. Seksi IIIA Simpang Yasmin – Simpang Semplak, sepanjang 2,85 km
5. Seksi IIIB Simpang Semplak – Junction Salabenda, sepanjang 2,5 km https://juswortele.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*