Hewan Tertua Dunia Ulang Tahun ke-191, Libidonya Masih Tinggi

Jakarta, CNBC Indonesia – Hewan tertua di dunia baru saja ulang tahun yang ke-191. Ia adalah penyu raksasa Seychelles (Aldabrachelys gigantea hololissa) bernama Jonathan.

Umur Jonathan yang hampir mencapai 2 abad itu, memecahkan rekor dunia sebagai chelonian tertua di dunia.

Chelonian adalah nama lama untuk hewan yang termasuk dalam ordo Chelonia, sekarang disebut Testudines yang mengacu pada reptilia seperti penyu.

Kisah hidup Jonathan sungguh menarik. Meski ulang tahunnya dirayakan, tapi tidak ada yang tahu pasti tanggal pasti dia menetas.

Jonathan diperkirakan lahir sekitar tahun 1832, dan dihadiahkan kepada calon gubernur Saint Helena, Sir William Grey-Wilson, pada tahun 1882 sebagai kura-kura dewasa. Saat itu usianya sudah mencapai sekitar 50 tahun.

Pada tahun 2022, Jonathan diberi tanggal ulang tahun resmi oleh gubernur Saint Helena Nigel Philippes, yakni pada 4 Desember 1832. Meskipun usianya sudah lanjut, dokter hewannya Joe Hollins mengatakan kepada Guinness World Records (GWR) bahwa dia menjalani hidup dengan nafsu makan yang sehat.

“Meskipun kehilangan indera penciuman dan hampir buta karena katarak, nafsu makannya tetap tinggi,” kata Hollins kepada GWR, dikutip dari IFL Science, Kamis (14/12/2023).

Jonathan masih diberi makan dengan tangan seminggu sekali dengan tambahan buah dan sayuran oleh tim yang merawatnya. Makanan yang diberikan tidak hanya menambah kalori tetapi juga menyediakan pendorong penting bagi metabolismenya seperti vitamin, mineral, dan elemen pelacak.

Ia menikmati makanannya bersama tiga kura-kura lainnya, David, Emma, dan Fred, di taman Plantation House. Ini adalah rumah resmi gubernur Saint Helena dan tempat tinggal kura-kura tua hampir sepanjang hidupnya. David dan Emma bergabung dengan Jonathan pada tahun 1969, sementara Fred menjadi bagian dari grup tersebut pada tahun 1991.

Awalnya, Fred diyakini berjenis kelamin perempuan dengan nama awal Fredereika. Namun setelah dicoba beberapa kali kawin dengan Jonathan, ternyata ia berjenis kelamin laki-laki.

Hollins mengatakan Jonathan masih sering mencoba kawin dengan Emma dan Fred. “Hewan seringkali tidak terlalu sensitif terhadap gender,” terangnya.

Dalam usianya yang ke-191, ia telah hidup melalui penemuan bola lampu, penerbangan pertama oleh Wright bersaudara, dan manusia pertama di Bulan, belum lagi masa jabatan 40 presiden AS.

“Sungguh luar biasa untuk berpikir bahwa raksasa yang lembut ini bisa hidup lebih lama dari semua makhluk hidup lainnya di darat, termasuk, tentu saja, seluruh umat manusia,” ujar Hollins.

“Jonathan berada dalam kondisi kesehatan yang baik dan semua indikasi yang ada saat ini membuat kami berharap bahwa dia akan mencapai abad ketiga-jika!” imbuhnya. https://belakangan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*