Simak Kesiapan RI Menuju Agenda Transformasi Digital Nasional

Jakarta, CNBC Indonesia Transformasi Digital Nasional merupakan solusi strategis untuk membawa Indonesia menjadi negara dengan fundamental ekonomi kuat dan berdaya saing global. Apalagi tingkat penetrasi internet dan pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahun.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat jumlah pengguna internet mencapai 215,6 juta pada periode 2022-2023 atau meningkat 2,67% dibanding periode sebelumnya.

Dalam mendorong transformasi digital, implementasi kebijakan dan strategi satu data menjadi langkah besar dari pemerintah, termasuk dengan merilis Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Kebijakan tata kelola data pemerintah ditujukan untuk menciptakan data yang berkualitas, memiliki standar setara, dan mudah diakses bersama.

Dengan demikian, hal tersebut dalam mendukung proses pengambilan kebijakan dan keputusan berbasis data.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi institusi terdepan dalam agenda Transformasi Digital Nasional. Salah satu upayanya dengan membangun Pusat Data Nasional (PDN) dengan tujuan mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Pembangunan PDN juga sejalan dengan Rencana Strategis Kemenkominfo hingga tahun 2024, yaitu percepatan penyediaan infrastruktur TIK ke seluruh wilayah Indonesia, percepatan transformasi digital dalam tiga kerangka nasional (Digital Economy, Digital Government, dan Digital Society), dan peningkatan kualitas pengelolaan komunikasi publik.

Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Pusat Data Nasional sebagai bagian penting dari Transformasi Digital Nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan CNBC Indonesia menghadirkan Profit CNBC Indonesia dalam segmen Tech A Look on Location, pada Jumat 15 Desember 2023, pukul 14.00-15.00 WIB.

Bersama host CNBC Indonesia Safrina Nasution, acaraini akandiawali dengan keynote speech oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi,dan dilanjutkan dengan diskusi bersamaKetua Tim Jaringan Intra Pemerintah Kemenkominfo Muhammad Fahru Rozi, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kementerian PAN-RB, dan Ketua Umum Masyarakat Kebijakan Publik (MAKPI) Riant Nugroho.

Adapun segmen Tech A Look on Location Profit CNBC Indonesia akan ditayangkan secara live di CNBC Indonesia TV dan streaming di CNBCIndonesia.com. https://cekikikan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*