Ridwan Kamil ‘Spill’ Resep Prabowo Tampil di Debat Capres

Jakarta, CNBC Indonesia – Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran wilayah Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara soal penampilan Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto. Mantan Gubernur Jawa Barat itu bilang Prabowo tampil jenaka dan menghibur saat debat capres perdana 2024.

“Kalau mau jujur kita obyektif ya dari penampilan debat yang paling jenaka yang bikin hiburan mengurangi tensi ya karena debat kan persepsinya itu super serius menegangkan itu berhasil dicairkan dengan gaya beliau,” ungkap Ridwan Kamil seperti dikutip, Jumat (15/12/2023).

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa Prabowo memang ingin tampil santai dan tidak terlalu serius saat debat capres perdana 2024. Prabowo bahkan menitipkan pesan ke timnya agar melakukan politik riang gembira tidak hanya saat kampanye tetapi juga saat debat.

“Kenapa? yang satu karena sudah pengalaman sering melakukan ini. Kedua beliau menyarankan kepada kita semua untuk melakukan politik riang gembira tidak hanya saat kampanye tetapi saat debat juga,” imbuhnya.

Penampilan Prabowo inilah yang ternyata membuat suasana debat capres perdana 2024 riuh alias ramai. Namun Ridwan Kamil menegaskan penampilan Prabowo yang santai bukan berarti tak serius, visi misi yang digaungkan tetap akan dijalankan sesuai substansinya.

Calon Presiden (Capres), Prabowo Subianto dalam Debat Pertama Capres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)Foto: Calon Presiden (Capres), Prabowo Subianto dalam Debat Pertama Capres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Calon Presiden (Capres), Prabowo Subianto dalam Debat Pertama Capres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)

“Itulah yang membuat suasana debat lebih rileks, lebih cair. Saya kira dari sisi itu pemirsa sudah bisa melihat keseriusan dan juga kejenakaan yang menjadi kepribadian Pak Prabowo,” ucap Ridwan Kamil.

Sementara itu, Ridwan Kamil memberikan gambaran gaya seperti apa yang akan dilakukan Prabowo Subianto di debat Capres 2024 berikutnya. Sama seperti debat capres perdana, Prabowo akan tampil jenaka dan menghibur tetapi tetap serius.

“Makanya saya bilang jangan terlalu serius, ada kegembiraan, ada kejenakaan, rakyat itu ada hiburan juga tetapi dalam keseriusan,” sebutnya.

Ridwan Kamil optimistis dengan pengalaman Prabowo dari gelaran pilpres sebelumnya, akan dinilai positif oleh masyarakat Indonesia. Pada debat selanjutnya, Ridwan Kamil bilang Prabowo akan tampil lebih ceria.

“Pak Prabowo kan udah beberapa kali jadi kalau di debat-debat berikut lebih ceria, lebih jenaka tapi substansi tetap sesuai mengena harapan masyarakat Indonesia. Poinnya adalah Pak Prabowo paling siap juga jenaka mencairkan debat yang terkesan persepsi serius,” tegasnya.

Tampil ceria dan jenaka bukan berarti tak serius. Menurut Ridwan Kamil Prabowo akan tetap fokus mengusung visi dan misinya. Ridwan Kamil menjelaskan visi-misi Prabowo-Gibran sudah ada di dalam konsep Asta Cita, termasuk bagaimana menyelesaikan masalah pelanggaran HAM berat saat ini dan masa lalu. Prabowo sudah menegaskan akan menyelesaikan masalah itu.

“Hanya di dalam debat disampaikan dalam keterbatasan. Tapi disampaikan karena itu adalah hutang masa lalu yang harus kita clear-kan,” ucapnya.

Lantas dengan gaya jenaka dan ceria, apakah tidak berdampak pada suara Prabowo-Gibran? Ridwan Kamil dengan tegas menjawab begini.

“Kalau dari statistik yang mengubah pilihan setelah debat gak terlalu banyak. Yang suka tetap suka yang tidak suka tetap tidak suka maka sedikit saja,” tutupnya. https://berharaplahlagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*