Kerja PNS Mulai Digantikan ‘Robot’, Ini Buktinya!

Jakarta,CNBC Indonesia – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas memastikan pemerintah akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024. Hal ini telah disampaikan Anas kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana beberapa waktu lalu (12/12/2023).

Anas mengungkapkan CASN 2024 akan fokus mencari lebih banyak fresh graduate dengan kemampuan digital yang baik. Hal ini mengingat pemerintah ke depannya akan terus mendorong digitalisasi dalam kepegawaian negara.

Nantinya, Anas mencontohkan sebanyak 600 PNS yang pensiun hanya akan digantikan dengan 200 orang. Hal ini karena sebagian pekerjaan telah dilakukan secara digital. Kondisi ini, menurutnya, terjadi di Kementerian Keuangan.

“Kita sudah lapor kepada presiden di istana, untuk menghitung terkait talenta-talenta digital yang ada dikementerian lembaga, karena itu bisa menjadi obat ya, karena misalnya di satu kementerian keuangan yang pensiun 600 cuma diganti 200 karena sebagain kerjanya dengan digital,” katanya, saat ditemui media, dikutip Jumat (15/12/2023).

Namun, dia mengatakan ada pekerjaan yang tidak bisa digantikan dengan mesin. Contohnya adalah pekerjaan terkait dengan perlindungan saksi di LPSK.

“Enggak bisa digitalkan, tadi tinggal seperti apa penanganannya,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, Anas mengungkapkan arah kebijakan pemenuhan ASN tahun 2024 juga masih diprioritaskan pada pemenuhan kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni guru dan tenaga kesehatan. Proyeksi kebutuhan ASN di tahun 2024 diperuntukkan bagi Instansi Pusat, Instansi Daerah, dan Lulusan Sekolah Kedinasan.

“Pemerataan guru di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) menjadi salah satu fokus pengadaan di tahun depan. Pemerintah juga akan memberi afirmasi bagi guru non-ASN yang telah mengabdi di daerah 3T agar bisa diakomodir menjadi PPPK,” tuturnya. https://horeoraduwe.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*