Tak Cuma Balap Jetski, Danau Toba Juga Diramaikan Balap Reli

Parapat – Tak cuma Aquabike Jetski World Championship 2023, Danau Toba ternyata juga jadi Tuan Rumah Asia Pacific Rally Championship (APRC).
Ajang reli yang diorganisir Internationale de l’Automobile (FIA) bersama dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) itu digelar di Danau Toba, Sumatra Utara pada Minggu (26/11). Digelarnya ajang itu, menjadi bukti nyata bahwa danau Toba layak jadi tuan rumah event sport tourism kelas dunia.

“Saya mengapresiasi APRC ini yang diharapkan akan menjadi nilai lebih bagi Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Terlebih, pada tahun 2025, salah satu seri Rally dunia WRC juga akan digelar di Sumatera Utara,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno yang meninjau langsung ke venue acara di BPSI LHK Aek Nauli, Parapat, Minggu (26/11/2023).

Di venue acara, Sandiaga bertemu dengan mantan Wakil Gubernur Sumatra Utara periode 2018-2023 Musa Rajekshah yang turun langsung di ajang tersebut. Sudah jadi rahasia umum, jika Ijeck, sapaan akrabnya, sangat hobi mengendarai mobil rally.


Meski gagal finish karena mobilnya menabrak batu, namun menurut Ijeck, event ini bukan semata untuk tujuan menyalurkan hobi bagi para pembalap saja. Namun juga, sebagai instrumen untuk mendatangkan keuntungan ekonomi bagi daerah setempat, bahkan bagi negera.

“Karena kalau ada kejuaraan dunia otomatis akan berdampak ekonomi, terlebih Danau Toba masuk ke dalam destinasi super prioritas. Banyaknya peserta asing yang ikut dalam kejuaraan dunia WRC ke depan. Kita berharap pelaksanaan rally di sini tapi banyak juga wisatawan yang melanjutkan perjalanan ke destinasi-destinasi sekitar Danau Toba yang nanti kita promosikan seperti Samosir saja,” ujar Ijeck.

APRC 2023 di Danau Toba juga merupakan rangkaian untuk menuju penyelenggaraan event rally internasional World Rally Championship (WRC) 2025.

Menparekraf Sandiaga Uno menambahkan, ekosistem destinasi super prioritas Danau Toba memang memerlukan event-event berkualitas dan event-event tingkat dunia agar makin menarik wisatawan untuk datang.

“Ini bagian dari sport tourism yang harus kita tingkatkan untuk membawa wisatawan yang berkualitas dan berkelanjutan,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga pun mendukung kegiatan seperti ini, dimana dia ingin melibatkan InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata sebagai penyelenggara.

“Event tingkat dunia ini bisa melengkapi event-event yang sudah ada seperti F1 Powerboat dan Aquabike Jetski sehingga dampaknya akan banyak dirasakan oleh masyarakat terutama dalam meningkatkan jumlah wisatawan serta membuka lapangan kerja khususnya di sekitar Danau Toba,” kata dia. https://nutriapel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*