Karier Nggak Kalah Keren, Ini 6 Profesi yang Bikin Gen Z Makin Cuan!

Generasi Z atau gen Z merupakan kamu yang lahir di rentang tahun 1997 hingga 2012. Pada masa ini, era perkembangan teknologi digital dan media sosial tengah gencar-gencarnya. Hal inilah yang menyebabkan cara pandang mereka terhadap interaksi sosial mungkin berbeda dengan generasi sebelumnya.

Yang paling jelas dari perbedaan cara pandang Gen Z dengan generasi lainnya adalah tren pekerjaan. Generasi sebelum Gen Z sering kali menganggap bahwa PNS adalah pekerjaan paling stabil sehingga menjadi impian banyak orang. Sementara itu, Gen Z cenderung menyukai pekerjaan yang lebih fleksibel dengan potensi penghasilan yang tak terbatas.

Dengan karakteristik tersebut, dilansir dari CNBC, berikut ini adalah 6 profesi yang cocok buat para Gen Z. Dijamin nggak kalah cuan dari PNS!

Digital Marketer

Di era dewasa ini, teknik pemasaran perlahan mulai beralih dari manual ke digital. Tujuan peralihan ini tentu saja untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Nah, di sinilah peran digital marketer akan sangat dibutuhkan.

Digital marketer sendiri merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam proses perencanaan, pengelolaan pemasaran digital demi mencapai tujuan bisnis. Dibandingkan generasi lainnya, anak-anak Gen Z lebih sering mengisi posisi ini.

Hal ini disebabkan karena mereka dianggap lebih memiliki kapasitas dalam memahami pemasaran digital. Jadi, tidak heran jika profesi ini kini kian menjamur ya, Beauties!

Social Media Specialist

Meskipun sama-sama berhubungan dengan promosi, namun seorang digital marketer ini berbeda dengan sosial media (sosmed) specialist. Adapun seorang sosmed specialist merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam mengelola seluruh konten media sosial perusahaan mulai dari Instagram, TikTok, YouTube, Facebook dan beberapa sosmed lainnya.

Sebab itulah, perbedaan mendasar dari digital marketer dan sosmed specialist ini terletak pada tujuannya. Seorang digital marketer bertujuan untuk memasarkan secara digital sementara sosmed specialist bertujuan untuk menaikkan engagement media sosial hingga brand awereness.

Content Writer dan Content Creator

Content writer adalah pekerjaan idaman para Gen Z selanjutnya. Pekerjaan tersebut menjadi idaman karena bisa dilakukan di mana saja (work from anywhere). Kamu hanya harus memiliki kemampuan menulis yang baik hingga paham dengan prinsip SEO.

Sementara itu, khusus buat kamu yang suka bermain media sosial profesi konten kreator bisa jadi pilihan terbaik. Kreativitas dalam membuat video pendek berisi konten yang menarik pun bisa menghasilkan potensi penghasilan tak terbatas melalui endorse hingga iklan.

Gimana, menarik bukan pekerjaan impian para Gen Z ini?

Videografer, Fotografer dan Designer Grafis

Bagi kamu yang punya kemampuan lebih dalam bidang videografi, maka profesi videografer, fotografer hingga designer grafis adalah profesi terbaik yang bisa dipilih. Profesi ini sangat cocok bagi Gen Z karena memiliki kreativitas tingkat tinggi yang mungkin tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya akibat minimnya teknologi.

Di era dewasa ini, ketiga profesi tersebut banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar untuk tujuan promosi brand. Selain itu, profesi tersebut juga banyak diminati influencer hingga selebriti tanah air dalam membuat konten personal branding.

Wah, benar-benar enggak kaleng-kaleng ya profesi para Gen Z ini!

UI/UX Designer

Masih berhubungan dengan desain, UI/UX Designer merupakan seseorang yang bertugas menciptakan desain interface sebuah software atau aplikasi sehingga memberikan tampilan yang menarik dari segi bentuk, warna dan tulisan. Dengan begini, para pengguna akan lebih nyaman berada di aplikasi.

Di era modern kali ini, profesi UI/UX Designer sangat diminati dan jadi favorit Gen Z. Selain karena potensi gajinya yang tinggi, profesi ini juga tidak membatasi kreativitas sehingga dapat membuat para Gen Z lebih leluasa mengekspresikan dirinya.

Developer

Profesi ini merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam merancang, membangun hingga memelihara sistem atau produk. Umumnya, profesi ini berhubungan dengan pengembangan perangkat lunak. Saat ini, gaji developer disebut-sebut mencapai angka dua digit bahkan untuk di bagian entry levelnya. Tidak heran, jika profesi ini kian banyak digemari.

Oleh karena gaji yang didapatkan cukup tinggi, maka tentu saja skill yang harus dikuasai developer ini cukup banyak seperti bahasa pemrograman, koding hingga algoritma. Setidaknya ada dua jenis developer yaitu mobile developer hingga software developer.

Nah, itulah 6 daftar profesi yang cocok banget buat para Gen Z yang menyukai kebebasan dan fleksibel namun tetap bisa menghasilkan potensi penghasilan yang tak terbatas. Dari keenam daftar tersebut, mana nih yang jadi impianmu? https://madusekali.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*