Kandungan 5 Kosmetik Temuan BPOM Berisiko Kanker, 1 Produk Punya 3 Bahan Terlarang

Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) melaporkan hasil patroli siber periode Januari hingga September 2023. Mereka menemukan sedikitnya lima kosmetik ilegal yang paling banyak dijual di marketplace atau lapak online.
Dari kelima produk, BPOM RI mengidentifikasi sejumlah bahan terlarang yang dipakai. Tidak tanggung-tanggung, ada produk yang bahkan memiliki tiga kandungan berbahaya. Hal ini berisiko mengganggu ginjal sampai memicu kanker kulit.

Diberitakan sebelumnya, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik, Reri Indriani meminta masyarakat untuk rajin mengecek produk kosmetik dan skincare, terutama terkait izin edar. Masyarakat bisa memastikannya melalui website cek BPOM RI.

Selain klaim dan efek instan seperti membuat kulit cepat putih, hal-hal lain yang kemudian perlu diperhatikan adalah penampakan kemasan produk.

“Misalnya mulai dari cek KLIK, memastikan bahwa tidak ada klaim berlebihan, waspadai efek samping, kalau produknya dari awal kemasannya burem-burem, kotaknya penyok, harus aware, biar jadi masyarakat yang cerdas,” kata Reri beberapa waktu lalu.

Berikut temuan produk 5 kosmetik terlarang:

1. Krim HN: 1 Kandungan Berbahaya

Krim HN menjadi kosmetik ilegal terbanyak yang ditemukan di marketplace. Produk ini memiliki kandungan berbahaya yaitu merkuri, ada 8.116 link penjualan yang diidentifikasi BPOM RI.

2. Krim Diamond: 1 Kandungan Berbahaya

Kosmetik Diamond adalah krim wajah berwarna kuning, peredarannya juga termasuk ilegal lantaran bahan yang digunakan juga berisiko memicu kanker kulit. Produk mereka sudah tersebar di 6.986 penjualan di marketplace.

3. Tabita Skincare: 2 Kandungan Berbahaya

Tabita Skincare dilaporkan BPOM RI positif mengandung merkuri dan hidrokuinon. Link penjualan produknya di lapak online juga relatif banyak yakni 3.778.

4. Tati Skincare: 3 Kandungan Berbahaya

Tati Skincare bahkan memiliki tiga kandungan berbahaya sekaligus yang mengganggu kesehatan kulit, yakni merkuri, hidrokuinon, dan tretinoin. Produknya ditemukan memiliki link penjualan sebanyak 1.791 tautan.

5. HB Dosting: 2 Kandungan Berbahaya

Dari hasil patroli siber BPOM menemukan 1.447 link penjualan kosmetik HB Dosting. Selain tidak memiliki izin edar, produk hand and body lotion dosis tinggi ini mengandung bahan berbahaya yakni hidrokuinon dan steroid. https://katasungokong.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*